Home / Breaking News / Kesehatan

Kamis, 8 Juli 2021 - 08:19 WIB

PPKM Darurat, Fraksi PKS Sampaikan Rekomendasi Penanganan Covid-19 Pada Walikota Bekasi, Berikut Isi Lengkapnya

Spread the love

Mata-Pers-Indonesia — Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Bekasi, Daradjat Kardono, memberikan Rekomendasi kepada Walikota dan Gugus Tugas Covid-19 Kota Bekasi.

Hal ini diberikan karena melihat kondisi lonjakan pasien yang terpapar di Kota Bekasi cukup tinggi dan kondisinya cukup mengkhawatirkan.

Untuk itu rekomendasi ini disampaikan dan berikut isi lengkapnya :

REKOMENDASI PENANGANAN PANDEMIK COVID-19 UNTUK KOTA BEKASI

Hari/Tgl : Jumat, 02 Juli 2021
Kepada : Walikota dan Gugus Tugas Covid-19 Kota Bekasi
Dari : Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Bekasi

Menyikapi kondisi paparan pandemi yang terus meningkat tingkat kegentingannya di Kota Bekasi belakangan ini, maka Fraksi PKS Kota Bekasi menyampaikan beberapa rekomendasi sebagai berikut:

1. Fraksi PKS mendukung keputusan Pemerintah Kota Bekasi untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Darurat sebagai langkah cepat yang harus diambil untuk mengurangi laju tingkat paparan pandemi di Kota Bekasi.

2. Penerapan PPKM Mikro Darurat harus didukung dengan perencanaan dan penerapan yang sistimatis dan terukur agar realisasinya efektif, serta dengan pemberdayaan dan pelibatan seluruh pemangku kepentingan dimasyarakat terkait, pengurus lingkungan yang berperan sebagai ujung tombak, seperti: RW, RT, Posyandu, DKM, PKK, dan sebagainya.

3. Fraksi PKS mendukung inisiatif Pemerintah Kota Bekasi untuk mengakselerasi proses vaksinasi bagi warga Kota Bekasi dalam rangka tercapainya herd immunity sebagai upaya menekan laju peningkatan paparan pandemi di Kota Bekasi.

4. Fraksi PKS mendorong agar Pemerintah Kota Bekasi memberikan kesempatan untuk pelibatan pihak-pihak yang memiliki kecukupan kompetensi medis yang memadai untuk proses vaksinasi, dalam rangka mendukung pelaksanaan akselerasi proses vaksinasi di Kota Bekasi.

5. Proses Vaksinasi hendaknya dilaksanakan dengan tetap memperhatikan penerapan prinsip-prinsip protokol kesehatan yang dapat mereduksi potensi paparan kepada para warga dan para peserta vaksinasi.

6. Dalam hal kegiatan proses vaksinasi massal terpusat, dimana potensi penerapan prinsip-prinsip Protokol Kesehatan dapat terabaikan, tidak terkendali serta membahayakan para peserta vaksinasi maka proses vaksinasi hendaknya dilakukan dengan memberdayakan sarana faskes yang saat ini sudah tersedia dan tersebar di tengah-tengah masayarakat, seperti: Posyandu, Puskesmas, jaringan layanan faskes utama, klinik-klinik, Rumah Sakit Pemerintah maupun swasta, dan sebagainya. Sehingga potensi pergerakan/mobilisasi massa, kerumunan, dan prinsip menjaga jarak dapat lebih terkendali dan aman bagi para peserta vaksinasi serta tidak berpotensi menimbulkan kluster paparan yang baru.

7. Memberikan perhatian yang lebih baik terhadap para tenaga kesehatan dan medis yang terlibat dalam proses layanan dalam hal:
a. Penyediaan sarana kerja yang memadai, khususnya perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) yang bisa menjamin dari potensi paparan selama menjalankan tugas.
b. Penyediaan extra-food dan suplemen lainnya yang mendukung kondisi fisik yang prima selama menjalankan tugas
c. Menunaikan hak-hak renumerasi maupun insentif bagi para tenaga Kesehatan/medis sesuai perjanjian kerja yang telah disepakati secara konsisten.
d. Penyediaan sarana dan prioritisasi penanganan medis bagi para nakes yang terpapar Covid-19 saat bertugas.

8. Tetap mengintensifkan program promotif dan preventif serta edukasi kepada seluruh masyarakat dan warga Kota Bekasi terkait situasi kegentingan pandemi Covid-19 ini, agar terbangun kesadaran dan kewaspadaan yang lebih baik lagi dimasyarakat.

9. Melakukan pengendalian, pengawasan dan penindakan terhadap perilaku yang tidak mendukung atas penerapan protokol Kesehatan di masyarakat sebagaimana telah diatur dalam Perda No.15 tahun 2020 Tentang Adaptasi Tatanan Hidup Baru, maupun ketentuan lainnya termasuk penerapan kebijakan yang diatur dalam ketentuan PPKM Mikro Darurat.

10. Mendorong efektifitas alokasi refocusing anggaran yang lebih memadai bagi penanganan dan pengatasan pandemi Covid-19 melalui percepatan pembahasan refocusing APBD Bersama DPRD, sehingga layanan terhadap masyarakat dapat lebih optimal seperti; kecukupan ketersediaan jumlah mobil ambulan jenazah maupun medis, ketersediaan sarana perawatan medis, baik peralatan untuk kondisi kedaruratan/emergency maupun tempat perawatan di RSUD Pusat maupun RSUD Tipe D, Puskesmas, serta penyelenggaraan Program Bantuan Sosial yang akurat untuk mendukung penerapan PPKM Mikro Darurat.

11. Pemerintah Kota Bekasi agar meningkatkan akurasi sajian data terkait gambaran kondisi paparan pandemic Covid-19 tingkat Kota Bekasi untuk mendukung proses pengambilan keputusan yang tepat bagi para pemangku kebijakan.

12. Pemerintah Kota Bekasi agar mengakselerasi penambahan dan perluasan sarana ruang perawatan isolasi Covid-19 yang sudah semakin sulit diperoleh dan diakses oleh masyarakat, dengan membuka peluang kerjasama dengan pihak-pihak yang dapat memberikan dukungan layanan seperti: hotel, rumah sakit swasta, asrama, dan sebagainya.

13. Pemerintah Kota Bekasi agar segera melakukan rekrutmen dan pemberdayaan relawan pemulasaran jenazah Covid-19 sehubungan dengan angka kematian Covid-19 yang masih tinggi, ketersediaan peti mati dan layanan yang masih terbatas.

Demikianlah Rekomendasi ini dibuat, semoga Allah SWT meridhoi kita semua dan kita dapat memenangkan Perang Melawan Covid-19 bersama-sama.

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bekasi, Ir. H. Daradjat Kardono.(YD)

Berita ini 7 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Breaking News

Serbuan Vaksinasi Massal Di GOR Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi

Breaking News

Pangdam Jaya Kunjungi Posko Peduli Isoman PWNU DKI Jakarta

Breaking News

Mayjen Tatang Zaenudin Berang, Polisi Bebaskan Pelaku Kriminalisasi Wartawan

Breaking News

Point Perbedaan Perubahan Surat Edaran Tentang PPKM Level 3 Di Kota Bekasi

Breaking News

Pangdam Jaya Pimpin Langsung Sidang Parade Calon Bintara PK Keahlian Pria Dan Reguler Wanita TNI AD TA 2021 Panda Jaya

Breaking News

Walikota Bekasi Distribusikan Obat Dan Sembako Langsung Ke Pasien Terpapar Positif Covid 19 Di Wilayah Kelurahan Jakamulya

Breaking News

Personil Satbrimob Polda Sumsel Emban Tugas Misi MINUSCA Di Kota Bangui Afrika Tengah

Breaking News

Teraskita Hotel Jakarta Jalin Sinergi dengan Dunia Pendidikan