Home / Breaking News / Daerah

Sabtu, 3 Juli 2021 - 15:38 WIB

Peran Penting Komite Sekolah Republik Indonesia (KSRI) Pada Dunia Pendidikan

Spread the love

Mata Pers Indinesia_Jateng — KSRI atau kepanjangan dari Komite Sekolah Republik Indonesia kehadirannya sangat diperlukan sekali di negeri tercinta ini, dan merupakan terobosan cerdas didalam keorganisasian bagi pegiat pegiat yang peduli pada dunia pendidikan yang nyata nyata sampai saat sekarang ini dirasakan semakin memprihatinkan implementasinya di lapangan.

Negara sudah menggelontorkan dana yang tidak sedikit jumlahnya untuk sektor pendidikan, yaitu sekitar 20 persen dari APBN, ini riil dan factual, nyata. Apa yang diprogramkan pemerintah didalam dunia pendidikan sesungguhnya sudah sangat tepat, akan tetapi masih banyak penyimpangan penyimpangan yang terjadi di tingkat sekolah.

(Keterangan Foto : Kahumas KSRI Jateng Ari Wahyu RH saat silaturahmi perkenalan dan menyampaikan visi misi KSRI bersama Wakasek SMA N 2 Ungaran Bidang Sarpras Dra. Kenya M. Pd)

Kahumas KSRI Jateng Ari Wahyu RH saat silaturahmi perkenalan dan menyampaikan visi misi KSRI bersama Wakasek SMA N 2 Ungaran Bidang Sarpras Dra. Kenya M. Pd.
Seperti dana BOS dan DAK yang dikucurkan pemerintah untuk setiap sekolahan pada hakekatnya agar masyarakat tidak terlalu terbebani berat dalam mengakses pendidikan, namun kenyataannya masih banyak di sana sisni masyarakat yang mengeluhkan pesoalan pungutan di sekolah.

Disinilah sesungguhnya peran KSRI (Komite Sekolah Republi Indonesia) mewakili negara untuk mengawasi jalannya program program di setiap sekolah sekolah. Mejembatani kepentingan pihak sekolah dengan orang tua murid dan membantu agar semuanya bisa berjalan lancar.

Persoalan orang tua murid dengan pihak sekolah tentang pungutan inilah yang paling menonjol terutama sekolah negeri. Pihak sekolah terkesan arogan dan menjadikan pihak orang tua murid tidak mempunyai pilihan karena kuatir dengan keberadaan anaknya yang sekolah di sekolah tersebut.

Keberdaan komite sekolah di setiap sekolah yang ada tidak mewakili apalagi membela kepentingan orang tua/wali murid, yang ada ialah bahwa komite sekolah tersebut merupakan corong dan bemper sekolah untuk mengutip iuran yang tidak transparan alias ilegal dengan dalih sudah disepakati melalui komite sekolah. Artinya komite sekolah yang dibentuk oleh kepala sekolah adalah alat untuk melegalkan pungutan yang tidak jelas oleh pihak sekolah.

Nah disini pulalah peran penting KSRI untuk membina dan mengawasi agar pendidikan di negeri tercinta ini dapat berjalan dengan baik, namun sebaiknya lebih ditekankan pada metode pembinaan dan suri tauladan sesuai ajaran Kihajar Dewantoro yaitu : “Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mbangun karso, tutwuri handayani”.

Saluut..!,buat Ketua Umum KSRI yang telah membuat terobosan eksklusif ini…. Bravoo… !

Untuk itu Kepengurusan KSRI Jateng siap mengemban tugas yang diamanahka oleh pusat agar membina sekolah sekolah dan mengawasi program program pendidikan oleh pemerintah untuk Jawa Tengah. Adapun kepengurusan di tingkat Provinsi Jateng membawahi 6 zona yaitu :

1. Zona 1 Ketua : Hendri Sutrisno, meliputi Banyumas, Banjarnegara, Cilacap dan Purbalingga.

2. Zona 2 Ketua : Titus Haryanto Eko, meliputi Purworejo, Temanggung, Wonosobo, Kebumen, Magelang dan Kodya Magelang.

3. Zona 3 Ketua : Kustriandi, meliputi Pati,Kudus, Jepara, Blora dan Rembang.

4. Zona 4 Ketua : Ahmad Arifin, meliputi Kodya Semarang, Kabupaten Semarang, Kodya Salatiga, Kendal, Demak dan Grobogan.

5. Zona 5 Ketua : Artdityo, meliputi Klaten, Boyolali, Wonogiri,Sukoharjo, Kodya Surakarta, Sragen dan Karanganyar.

6. Zona 6 Ketua : Kusdiyarto, meliputi Pekalongan,Kodya Pekalongan, Batang, Tegal,Kodya Tegal, Brebes dan Pemalang.

Keenam zona di Jateng ini akan siap serepak dan sejalan serta akan selalu menjaga soliditas antar zona demi lancarnya program kedepan, agar kesejahteraan dan keadilan masyarakat unyuk mengenyam pendidikan di seluruh penjuru NKRI dapat terwujud terutama khususnya Jawa Tengah sesuai dengan yang diamanatkan oleh Konstitusi negara kita…….Bravoooo….(Awr/humasksrijateng)

Berita ini 106 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Daerah

Kapolda Sumsel Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Terapung

Breaking News

Tokoh Muda Frits Saikat Menjadi Nahkoda Lembaga Investigasi Negara DPC Kota Bekasi

Breaking News

PLT Wali Kota Bersama Ketua FKUB Kota Bekasi Resmikan Gereja Advent UIKB Galaxy

Breaking News

Pangdam II/Sriwijaya Memimpin Upacara Puncak Peringatan HUT Ke – 77 TNI Tahun 2022

Breaking News

Kapolri Minta Semua Lokasi Pusat Aktivitas Warga Dipasangi Aplikasi Peduli Lindungi

Breaking News

Kapolda Sumsel Pimpin Sertijab, Dari Wakapolda Irjen Pol Rudi Setiawan Ke Brigjen Pol M.Zulkarnain

Breaking News

Jalin Silaturahmi Pangdam II/Sriwijaya Dan Forkopimda Gowes Bersama

Breaking News

Forkim: Proses Fit and Propertest Pengangkatan Direktur PD Migas Kota Bekasi Patut Dipertanyakan!