Paralegal – Jembatan Non Hukum Untuk Menjadi Praktisi Hukum

Jakarta – Paralegal adalah gambaran pekerjaan yang membantu advokat dalam pekerjaannya dan istilah ini dipakai di beberapa negara.

 

Paralegal itu sendiri bukanlah advokat bukan juga petugas pengadilan, oleh pemerintah sendiri paralegal tidak diizinkan untuk berpraktik hukum.

 

Dalam hukumpedia, paralegal adalah orang yang melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan hukum, namun ia tidak mempunyai kualifikasi sebagai praktisi hukum.

 

Bahkan, dalam beberapa literatur disebutkan bahwa paralegal bukanlah sarjana hukum. Tugas paralegal umumnya adalah membantu advokat, di antaranya untuk pekerjaan administratif dan pengarsipan dokumen.

 

Karir di Industri hukum sangat menjanjikan dan memiliki masa depan yang cerah dan ini adalah Panduan bagi karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa, insinyur, dokter, psikolog, tokoh masyarakat, aktifis dan profesi lainnya yang ingin menjadi Praktisi Hukum tanpa kuliah lagi dan tidak ada keharusan menjadi Sarjana Hukum terlebih dahulu karena syarat minimal menjadi Paralegal adalah berusia minimal 18(delapan belas) tahun, Ikut Diklat Paralegal, Ujian dan bila lulus akan menyandang Profesi Paralegal.

 

Paralegal juga  adalah seseorang yang secara khusus membantu masyarakat miskin dan marjinal, yang karena keterampilan khusus dan memiliki pengetahuan dasar hukum serta mampu memberikan pelayanan, pendidikan hukum, bimbingan kepada masyarakat.

 

Secara umum, istilah paralegal menggambarkan seseorang yang telah mendapatkan pelatihan khusus dalam bidang pengetahuan dan keterampilan hukum untuk memberikan informasi dan bantuan guna menyelesaikan masalah-masalah hukum.(Firman Candra SH)

Spread the love
  • 9
    Shares