Home / Pemerintahan

Jumat, 2 Juli 2021 - 15:56 WIB

Ikatan Mahasiswa Bekasi Segel Dinas Tata Ruang Kota Bekasi

Spread the love

Mata Pers Indonesia_Bekasi Selatan – Mosi tidak percaya kepada Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bekasi yang dinilai tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Hal itu lantaran diduga ada perumahan yang belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), yaitu salah satunya Perumahan Grand Kota Bintang.

Ketidakpuasan atas kinerja Distaru Kota Bekasi diimplementasikan oleh puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Bekasi dengan menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Pemerintah Kota Bekasi di Jalan Ahmad Yani, Jumat (02/07/2021) siang.

Koorlap Aksi M. Rizki Yusa, kepada wartawan menyebut Distaru Kota Bekasi telah lalai dalam menjalankan tugasnya.

Pasalnya kata dia, berbicara bangunan yang tidak memiliki IMB maka sudah sepatutnya dibongkar atau dicarikan solusinya.

IMB adalah produk hukum yang sah, di mana setiap bangunan harus memilikinya, Jika tidak memiliki IMB maka harus dibongkar atau dicarikan jalan lain, ini adalah sebuah potret ketidakadilan yang sedang dipertontonkan di hadapan masyarakat kota bekasi,” tegas dia.

Yusa pun menjelaskan bahwa persoalan IMB adalah sangat genting, Ia mencontohkan, ada perumahan yang diduga tidak memiliki IMB serta pendirian perumahan tersebut memiliki dampak buruk bagi lingkungan.

Kita bisa melihat bahwa ini adalah masalah yang penting. Jika rakyat kecil tidak memiliki IMB maka mereka akan segera digusur, namun ada perumahan yang diduga tidak memiliki IMB tapi sampai saat ini masih kokoh berdiri. Parahnya lagi, pembangunan perumahan tersebut menyebabkan banjir bagi kota Bekasi,” tandas dia.

Mengakhiri tanggapannya, Yusa juga menyampaikan bahwa terkait IMB perumahan yang bermasalah sudah ada dua kementerian yang angkat bicara, dan ini harus menjadi warning besar bagi Pemerintah Kota Bekasi untuk segera berbenah diri.

Sudah ada dua kementerian yang menyoroti masalah ini, namun sampai saat ini belum digubris oleh Pemerintah Kota Bekasi, dan ini menjadi PR (Pekerjaan Rumah) besar untuk segera diselesaikan,” demikian ujarnya.

Namun hingga sore hari tidak ada perwakilah dari Distaru yang keluar menemui para pendemo dari Ikatan Mahasiswa Bekasi ini, “Kami akan kembali lagi hari senin dengan jumlah yang lebih banyak agar masalah ini selesai hingga tuntas.” tandasnya.

Pada aksi tersebut, mahasiswa menyampaikan beberapa poin tuntutan, diantaranya :

1. Mendesak Dinas Tata Ruang Kota Bekasi transparansikan terkait kasus RTH di Hotel Aston Kota Bekasi
2. Meminta Dinas Tata Ruang Kota Bekasi untuk memecat para Oknum Dinas yang melakukan pencaloan atau melalaikan perizinan pembangunan
3. Meminta Dinas Tata Ruang segera menyelesaikan persoalan perubahan tata ruang sungai cakung pada Grand kota Bintang
4. Meminta Dinas Tata Ruang kota Bekasi segera menyelesaikan masalah perumahan Cluster Cahaya Permata
5. Meminta kepala Dinas Tata Ruang kota Bekasi untuk mempublikasikan tindak lanjut bangunan liar di Kota Bekasi. (YD)

Berita ini 8 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Rakor PPKM Darurat Akan Digelar Dengan Operasi Yustisi Segera Disosialisasikan Kepada Warga

Breaking News

FORKIM: Pemimpin Kota Bekasi Bukan ‘Petruk Dadi Dewan’ #2024GantiAnggotaDPRDKotaBekasi#

Nasional

Tangkap 53 Terduga Teroris di 11 Provinsi, Polri Paparkan Sumber Pendanaan Kelompok JI

Nasional

Pangdam Jaya Pamwaskita Keberangkatan Presiden RI Kunjungan Kerja Ke Kab. Madiun Jawa Timur

Daerah

Kapolda Sumsel Dan Forkopimda Provinsi Sumsel Mengikuti Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Dalam Sidang Tahunan MPR 2021

Daerah

Prokes Ketat Sambut Kedatangan 330 Tentara Amerika Di SMB II Palembang

Daerah

Wakapolda Didampingi PJU Menjemput Kedatangan Kapolda Sumsel Yang Baru

Pemerintahan

Dinsos dan DPPPA Kota Bekasi Lakukan Pantauan Pemenuhan Hak Dasar Terhadap 11 Anak dari Tersangka Kasus Penggelapan Uang